twitter


Open Source tidak hanya bermakna bebasnya akses terhadap Source Code (kode sumber). Istilah software open-source harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Bebas Didistribusikan Ulang
Lisensi ini tidak membatasi pihak manapun untuk menjual atau memberikan software sebagai komponen dari distribusi keseluruhan software yang berisi program-program dari beberapa sumber yang berbeda. Lisensi ini tidak memerlukan royalti atau biaya lain dari penjualan tersebut.
2. Source Code (Kode Sumber)
Program harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan pendistribusian kode sumber maupun dalam bentuk terkompilasi. Beberapa bentuk produk yang tidak didistribusikan dengan kode sumber, harus ada publikasi yang baik untuk memperoleh kode sumber yang diartikan bisa mendapatkan kode sumber tidak untuk apapun kecuali untuk reproduksi, download melalui internet tanpa biaya. Kode sumber harus dalam bentuk yang memudahkan programmer untuk memodifikasi program. Kode sumber yang sengaja dikaburkan (menyusahkan) tidak diperbolehkan.

3. Karya Turunan

Lisensi ini harus memperbolehkan modifikasi dan pekerjaan turunan (dari karya asli), serta harus mengizinkannya untuk didistribusikan di bawah persyaratan yang sama dengan lisensi dari software yang asli.
4. Integritas Source Code Pembuatnya
Lisensi ini bisa melarang kode sumber untuk didistribusikan dalam bentuk termodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi “file patch” kode sumber untuk tujuan memodifikasi program tersebut pada waktu pembuatan. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi software yang dibangun dari kode sumber yang termodifikasi. Lisensi mungkin mensyaratkan karya turunan untuk menggunakan nama atau versi yang berbeda dari software yang asli.
5. Tidak Ada Diskriminasi Terhadap Orang atau Kelompok
Lisensi ini tidak boleh mendiskriminasi orang atau sekelompok orang.
6. Tidak Ada Diskriminasi Terhadap Suatu Bidang Usaha
Lisensi ini tidak boleh melarang orang untuk memanfaatkan program dalam bidang usaha tertentu. Misalnya, tidak boleh melarang program untuk digunakan dalam bisnis, atau untuk digunakan dalam penelitian genetik.
7. Distribusi Lisensi
Hak yang melekat pada program harus berlaku untuk semua kepada siapapun program ini disebarluaskan tanpa adanya lisensi tambahan oleh pihak-pihak tertentu.
8. Lisensi Tidak Boleh Spesifik untuk Sebuah Produk
Hak-hak yang melekat pada program tidak harus bergantung pada program yang menjadi bagian dari distribusi software tertentu. Jika program dikeluarkan dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan di bawah persyaratan lisensi program itu sendiri, semua pihak dimana program ini terdistribusi haruslah memiliki hak yang sama seperti yang diberikan yang terkait dengan program asli.
9. Lisensi Harus Tidak Membatasi Software Lain
Lisensi tidak boleh membatasi software lain yang didistribusikan bersama dengan software berlisensi. Sebagai contoh, lisensi tidak boleh memaksa agar semua program lain yang didistribusikan pada media yang sama harus menjadi perangkat lunak open source.
10. Lisensi Haruslah Netral-Teknologi
Tidak ada pemberian lisensi yang didasarkan pada teknologi suatu individu atau gaya antarmuka tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar